Safitri, Indah Auliana (2020) Pengaruh Bibliotherapy Terhadap Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah (Study Di Panti Asuhan Al-Hasan Desa Watugaluh Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
163210060_INDAH AULIANA SAFITRI_ARTIKEL.docx Download (166kB) |
|
Text
163210060_INDAH AULIANA SAFITRI_SKRIPSI WATERMARK.docx Download (4MB) |
|
Text
UJI TURNITIN SKRIPSI INDAH.pdf Download (6MB) |
|
Text
UJI TURNITIN ARTIKEL INDAH.pdf Download (2MB) |
|
Text
digital receipt artikel.pdf Download (391kB) |
|
Text
receipt skripsi.pdf Download (278kB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (7kB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (22kB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (650B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (1kB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (346B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (348B) |
Abstract
Pendahuluan Konsep diri memiliki peranan penting dalam menentukan perilaku dan kepribadian anak. Konsep diri yang buruk pada anak jika tidak diatasi akan mempengaruhi proses perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di Panti Asuhan AL-Hasan Desa Watugaluh Diwek Jombang. Desain penelitian ini adalah pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test disign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia sekolah sebanyak 40 responden dengan jumlah sampel sebesar 36 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan simple random sampling. Variabel independent yaitu Biblioterapi dan Variabel dependent yaitu Konsep Diri. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan kuesioner Rabson Self-Concepts Scale. Pengolahan data dengan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis data menggunakan wilcoxon test dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil penelitian sebelum dilakukan biblioterapi sebagian besar negativ sejumlah 27 anak (69,5%) dan setelah diberi biblioterapi adalah hampir seluruhnya positive sejumlah 31 anak (86,1%). Hasil analisis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan p value sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari alpha 0,05, maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di Panti Al-Hasan Desa Watugaluh Diwek Jombang. Saran Diharapkan hasil penelitian ini dapat di jadikan tambahan materi keperawatan anak serta memberikan manfaat bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan literatur yang berbeda dan diharapkan biblioterapi ini dapat diberikan sebagai salah satu stimulus untuk meningkatkan konsep diri anak usia sekolah di Panti Asuhan Al-hasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Biblioterapi, Konsep Diri |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | User1 |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 13:33 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 18:29 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |