Ani, Kristika Fitri Endri (2025) Pengaruh Mind Mapping Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah (Di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kec. Jombang, Kab. Jombang). Undergraduate thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Preview |
Text
skripsi_KRISTIKA FITRI ENDRI ANI.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
turnitin_KRISTIKA FITRI ENDRI ANI.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
Preview |
Text
receipt_KRISTIKA FITRI ENDRI ANI.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Abstract
Pendahuluan: Perkembangan kognitif anak prasekolah mengalami keterlambatan disebabkan oleh lingkungan yang kurang stimulatif anak-anak mungkin tumbuh di lingkungan yang kurang menyediakan rangsangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, kabupaten Jombang. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre eksperimental one group prepost-test design. Populasi penelitian ini adalah semua anak yang ada di TK Mardi Rahayu Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang sebanyak 71 responden. Sampel penelitian ini adalah 42 responden menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel independent adalah mind mapping diukur dengan SOP, dan variabel dependent adalah perkembangan kognitif diukur dengar lembar observasi. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik wilcoxon dengan alpha 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan intervensi hampir seluruhnya dikategorikan perkembangan kognitif belum berkembang yaitu sebanyak 36 responden (85,7%). Sesudah dilakukan intervensi menunjukkan bahwa hampir setengahnya dikategorikan perkembangan kognitif berkembang sesuai harapan yaitu sebanyak 18 responden (42,9%). Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p = 0,000 < = 0,05 artinya H1 diterima. Kesimpulan: Ada pengaruh mind mapping terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Diharapkan tenaga kesehatan dapat menerapkan mind mapping pada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif sebagai intervensi untuk meningkatkan kognitif anak pada usia prasekolah. Kata kunci: mind mapping, perkembangan kognitif, anak usia prasekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mind mapping, perkembangan kognitif, anak usia prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kristika Fitri Endri Ani |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 09:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 09:54 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7800 |
Actions (login required)
View Item |