Stia, Desi Ade (2019) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Pra Sekolah (Studi di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
JURNAL OK.docx - Published Version Download (32kB) |
|
Text
bab 1-6 dapus.docx - Published Version Download (4MB) |
|
Text
PSmarkup_Revisi Desi 1.docx.pdf - Published Version Download (622kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (35kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (16kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Abstract
Keterbatasan kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah merupakan hambatan yang paling umum saat anak memasuki TK. Sosialisasi dipengaruhi oleh jenis kelamin dan pendidikan ibu. Kemampuan sosialisasi dapat dilatih dengan berbagai macam metode pembelajaran baik dari keluarga atau dari sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.Desain penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalalah anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah sebanyak 31 anak dan sampel sebanyak 21 anak. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Variabel independen penelitian ini metode bermain peran dan variabel dependen kemampuan sosialisasi anak prasekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating. Analisis menggunakan uji Wilcoxon dengan α=5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 responden sebagian responden sebelum diberikan metode bermain peran memiliki kemampuan sosialisasi kurang sebesar 71,4% atau 15 anak dan setelah diberikan metode bermain peran sebagian besar responden memiliki kemampuan sosialisasi baik sebesar 57,1% atau 12 anak. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil ρ= 0,000 < α= 0,05 sehingga H1 diterima.Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Kata kunci : Bermain peran, Kemampuan sosialisasi, Anak prasekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain peran, Kemampuan sosialisasi, Anak prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | User1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 12:49 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 09:43 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/2487 |
Actions (login required)
View Item |