Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Anak Usia Pra Sekolah

Ramanda, Disca Putri (2019) Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Anak Usia Pra Sekolah. Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of plagscandiscaputri153210012.docx] Text
plagscandiscaputri153210012.docx - Published Version

Download (886kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (28B)
[thumbnail of Skripsidiscaputri153210012.docx] Text
Skripsidiscaputri153210012.docx - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of Artikel disca putri153210012new.docx] Text
Artikel disca putri153210012new.docx - Published Version

Download (41kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (17kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (5kB)

Abstract

Pendahuluan: Daya ingat merupakan kemampuan mengingat, bisa menerima, menyimpan, dan menimbulkan kembali pengalaman yang dialaminya, jika hanya diberi sedikit petunjuk maka akan menghadapi kesulitan untuk menerima atau menyimpan informasi dalam jangka waktu panjang. Tujuan: Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media mind mapping terhadap daya ingat anak usia prasekolah. Metode penelitian: Desain dalam penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan jenis kuantitatif menggunakan pendekatan one group pre-post test design, dengan variabel independent mind mappind dan variabel dependent daya ingat. Populasi pada penelitian ini seluruh kls b berjumlah 40 anak, dengan jumlah sampel sebesar 37 anak dengan teknik sampel probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan SOP dan lembar observasi dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian: Menunjukan seluruhnya daya ingat anak sebelum diberi mind mapping hampir seluruhnya daya ingat cukup sebanyak 36 responden (97,3%), dan setelah diberi mind mapping daya ingat anak seluruhnya baik sebanyak 37 responden (100%). Hasil penelitian: Menunjukan bahwa nilai =0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai alpha (0,05) maka H_1 diterima. Kesimpulan ada pengaruh media mind mapping terhadap daya ingat anak usia pra sekolah di TK Muslimat 6 Tarbiyatul Atfhal Kabupaten Jombang. Saran: Diharapkan kepada guru Tk dapat menerapkan media mind mapping sebagai salah satu alternative media pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat anak. Kata kunci : Media mind mapping, daya ingat, pra sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media mind mapping, daya ingat, pra sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: User1
Date Deposited: 31 Aug 2019 12:20
Last Modified: 12 Jan 2021 15:23
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item