Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang

Loilatu, Fitriani (2025) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang. Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of FITRI (1).pdf]
Preview
Text
FITRI (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1738815276216_HUBUNGANPOLAASUHORANGTUADENGANPERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang).pdf]
Preview
Text
1738815276216_HUBUNGANPOLAASUHORANGTUADENGANPERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang).pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of receipt_HUBUNGANPOLAASUHORANGTUADENGANPERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang).pdf]
Preview
Text
receipt_HUBUNGANPOLAASUHORANGTUADENGANPERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (Di Tk Bina Insani Candi Mulyo Jombang).pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh, perasaan tentang diri mereka, perilaku, dan hubungan dengan orang lain melalui sikap dan perlakuan,sehingga berdampak pada pembentukan kebiasaan dan perkembangan sosial anak yang akan dibawa oleh anak seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang.Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia prasekolah sejumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini sebagian orang tua dengan jumlah 40 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel independen pola asuh orang tua dan variabel dependen kemampuan sosialisasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan analisis menggunakan uji statistik rank spearman dengan α = 0,05. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki pola asuh otoriter sebanyak 17 responden (42,5%), demokratis sebanyak 15 responden (37,5%), permisif sebanyak 8 responden (20,0%). dan memiliki kemampuan sosialisasi cukup sebanyak 20 responden (50,0%),kurang sebanyak 13 responden (32,5%), baik sebanyak 7 responden (17,5%). Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan: penelitian ini ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak prasekolah(Di TK Bina Insani Candi Mulyo Jombang). Saran bagi orang tua diharapkan untuk memberikan pola asuh otoriter sehingga anak mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik. Kata kunci : pola asuh, perkembangan sosial, anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, perkembangan sosial, anak.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Fitriani Loilatu
Date Deposited: 06 Feb 2025 11:59
Last Modified: 06 Feb 2025 11:59
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item