Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi di SMPN 1 Kabuh Jombang)

Saputra, Yanwar Dwi (2025) Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi di SMPN 1 Kabuh Jombang). Undergraduate thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of SKRIPSI YANWAR DWI SAPUTRA FINISHHH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI YANWAR DWI SAPUTRA FINISHHH.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of TURNIT IN YANWAR.pdf]
Preview
Text
TURNIT IN YANWAR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Digital Receipt.pdf]
Preview
Text
Digital Receipt.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, dan pemanfaatannya yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi prestasi akademik mereka. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental, dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional dengan populasi sebanyak 96 siswa, sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan rumus Slovin Proporsional Random Sampling. Variabel Independent: Penggunaan Media Sosial dan Variabel Dependent: Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner penggunaan media sosial dan dimodifikasi oleh peneliti dan telah diuji dan nyatakan valid dan reliabel. Analisa data penelitian ini menggunakan SPSS memakai uji analisis Spearman’s Rank. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar siswa memiliki kategori penggunaan media sosial sedang sebanyak 44 siswa (56,4%). Diketahui bahwa responden hampir setengahnya siswa memiliki kategori prestasi belajar sangat baik sebanyak 46 siswa (57,7%). Berdasarkan hasil dari uji spearman rank dengan program SPSS didapatkan P-value = 0,038 <α = 0,05 maka artinya H1 diterima menunjukkan bahwa ada hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa SMPN 1 Kabuh Jombang. Kesimpulan: Ada hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa SMPN 1 Kabuh Jombang. Diharapkan peranan guru sangat diperlukan guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Media Sosial, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Yanwar Dwi Saputra
Date Deposited: 06 Feb 2025 10:51
Last Modified: 06 Feb 2025 10:51
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item