Hubungan Persepsi Pasien Tentang Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso)

Robbani, Mochammad Kavin (2025) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso). Diploma thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG EMPATI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso) (1).pdf]
Preview
Text
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG EMPATI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso) (1).pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of receipt_HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG EMPATI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso) (1).pdf]
Preview
Text
receipt_HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG EMPATI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Study di Ruang Rawat Inap Puskesmas Jambesari, Kabupaten Bondowoso) (1).pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Mochammad Kavin Robbani.pdf]
Preview
Text
Skripsi Mochammad Kavin Robbani.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Persepsi pasien tentang empati perawat merupakan penilaian seseorang terhadap sikap dan komunikasi perawat. Sehingga perawat merupakan ujung tombak pelayanan terhadap pasien dan keluarganya di Rumah Sakit, karena frekuensi pertemuannya dengan pasien yang paling sering. Mengingat tugas perawat sangat penting, yaitu melaksanakan tugas pelayanan keperawatan maka upaya perbaikannyapun terutama untuk meningkatkan kepuasan pasien. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah Consecutive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 48 responden di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji Spearman Rhank. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpersepsi bahwa perawat di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso ramah yaitu 35 (72,92 %) responden dan sebagian besar responden di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso mempunyai perasaan puas yaitu 30 (62,50 %) responden. Kesimpulan: Sedangkan dari hasil pengujian statistic dengan menggunakan uji Spearman Rhank dengan α = 0,05 didapatkan nilai p = 0,001 < α = 0,05 sehingga secara statistik Ho ditolak H1 diterima yang artinya ada Hubungan Persepsi Pasien tentang Empati Perawat dengan Kepuasan Pasien di ruang rawat inap Puskesmas Jambesari kabupaten Bondowoso. Kata Kunci : Persepsi, Empati, Kepuasan, Pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Empati, Kepuasan, Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mochammad Kavin Robbani
Date Deposited: 03 Feb 2025 13:54
Last Modified: 03 Feb 2025 13:54
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item View Item