Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Remaja (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang)

Agustin, Diah Ayu (2025) Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Remaja (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang). Undergraduate thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of SKRIPSI DIAH AYU AGUSTIN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI DIAH AYU AGUSTIN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang).pdf]
Preview
Text
HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA (Studi Di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang).pdf

Download (26MB) | Preview
[thumbnail of 213210022 diah ayu agustin receipt.pdf]
Preview
Text
213210022 diah ayu agustin receipt.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi fungsi kognitif, termasuk konsentrasi belajar, terutama pada remaja. Kurangnya konsentrasi belajar dapat berdampak pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa kelas 11 akuntansi di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi dan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 11 akuntansi, dengan jumlah sampel 37 siswa yang diambil menggunakan teknik simpel random sampling. Variabel independen adalah kualitas tidur yang diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), sedangkan variabel dependen adalah konsentrasi belajar yang diukur melalui kuesioner konsentrasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik rank spearman (a= 0,05). Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar kualitas tidur buruk sejumlah 21 responden (56,8 %) dan sebagian besar yang mengalami konsentrasi belajar buruk 15 responden (40,5%). Analisis: Hasil analisis menggunakan uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan nilai p = 0,00 p < a = 0,05 menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar dengan korelasi negatif yang lemah. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur yang buruk dan rendahnya konsentrasi belajar pada remaja. Oleh karena itu, diperlukan edukasi mengenai pentingnya menjaga kualitas tidur melalui manajemen waktu yang baik. Sekolah juga diharapkan dapat mendukung siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan melibatkan orang tua dalam pengelolaan waktu tidur siswa. Kata Kunci: Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar, Remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar, Remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Diah Ayu Agustin
Date Deposited: 03 Feb 2025 14:12
Last Modified: 03 Feb 2025 14:12
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item View Item