Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang)

Septiani, Wulan Nur Vania (2025) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang). Undergraduate thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of receipt_HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang).pdf]
Preview
Text
receipt_HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI WULAN NUR VANIA S.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI WULAN NUR VANIA S.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang).pdf]
Preview
Text
HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS XI (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang).pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Kebiasaan tidak sarapan pagi dapat menyebabkan daya tahan tubuh lemah, sulit menerima pelajaran sehingga mengganggu konsentrasi saat belajar. Kebiaasaan sarapan yang baik tidak hanya memberi energi untuk memulai hari, tetapi juga berperan dalam menjaga kesehatan jangka panjang, meningkatkan kinerja otak, dan mendukung konsentrasi saat belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar pada siswa-siswi kelas XI di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian seluruh siswa-siswi kelas XI yang bersekolah di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang sebanyak 123 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 31 siswa, menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel independen Kebiasaan Sarapan Pagi diukur menggunakan lembar kuesioner, dan variabel dependen Konsentrasi Belajar diukur menggunakan lembar grid concentration test. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan analisis statistik menggunakan uji rank spearman dengan α <0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki kebiasaan sarapan pagi yang cukup yaitu sebanyak 19 orang (61,3 %) dan sebagian besar memiliki konsentrasi belajar yang cukup yaitu sebanyak 17 orang (54,8 %) dimana hasil uji rank spearman didapatkan nilai p=0,000 atau < 0,05 , artinya H1 diterima. Kesimpulan: Ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa-siswi kelas XI di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Diharapkan petugas kesehatan lebih aktif untuk memberikan edukasi tentang pentingnya sarapan pagi melalui seminar atau program penyuluhan di sekolah guna meningkatkan kebiasaan sarapan pagi yang mendukung konsentrasi belajar siswa. Kata kunci: Sarapan Pagi, Konsentrasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sarapan Pagi, Konsentrasi Belajar.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Wulan Nur Vania Septiani
Date Deposited: 03 Feb 2025 11:50
Last Modified: 03 Feb 2025 11:50
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item