Hubungan Kualitas Pelayanan Adminstrasi Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto

Falesta, Octo Gyan (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Adminstrasi Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (6). pp. 10216-10221. ISSN 2807-4238

[thumbnail of Hubungan Kualitas Pelayanan Adminstrasi Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto.pdf]
Preview
Text
Hubungan Kualitas Pelayanan Adminstrasi Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of preview Hubungan.pdf]
Preview
Text
preview Hubungan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Kepuasan pasien menjadi tanggung jawab pihak pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor pelayanan administrasi yang diberikan kepada pasien dan keluarga. Tujuan: Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan adminstrasi dengan tingkat kepuasan pada pasien di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto. Metode: penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua pasien di Puskesmas Jarak Kulon Jogoroto yang diambil dengan menggunakan simple ramdom sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 52 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan uji rank spearman. Hasil: Hasil penelitian didapatkan hasil kualitas pelayanan administrasi (23,1%) baik berjumlah 12 responden, (30,8%) cukup berjumlah 16 pasien, (46,1%) kurang berjumlah 24 pasien. Tingkat kepuasan pasien didapatkan hasil (19,2%) tinggi berjumlah 10 pasien, (28,9%) sedang berjumlah 15 pasien, (51,9%) rendah berjumlah 27 pasien. Kesimpulan: ada hubungan antara kualitas pelayanan administrasi dengan tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci: Pelayanan, Administrasi, Kualitas, Kepuasan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Administrasi, Kualitas, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Peer Review
Depositing User: Octo Gyan Falesta
Date Deposited: 05 Apr 2024 13:56
Last Modified: 05 Jun 2024 14:47
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item