Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

Susmiyanti, Erni (2023) Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of ERNI SUSMIYANTI SKRIPSI REPO.pdf] Text
ERNI SUSMIYANTI SKRIPSI REPO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of receipt_HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban).pdf]
Preview
Text
receipt_HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban).pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban)-2.pdf]
Preview
Text
HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban)-2.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan : Dunia mengalami perkembangan teknologi begitu pesat salah satu fenomena sosial yang terjadi yaitu kecanduan game online, hal ini dapat berdampak negatif jika dilakukan oleh kalangan anak SD yang mengakibatkan penurunan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar anak sekolah dasar di SDN SEKARAN II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas I-VI yang berjumlah 148 siswa dengan sampel berjumlah 60 siswa yang diperoleh dari menggunakan rumus solvin dan teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Variabel independent adalah kecanduan game online dan variabel dependent adalah motivasi belajar, dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating, analisis data dengan uji rank spearman dengan tingkat signifikansi  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden setengahnya mengalami kecanduan sedang bermain game online sebanyak 24 siswa (40,0%) dan sebagian responden memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 33 siswa (55,0%) nilai ρ = 0,000 <  = 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulannya yaitu ada hubungan kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar anak SD. Peneliti menyarankan kepada orang tua untuk lebih mengontrol dan membatasi anak ketika bermain game online saat dirumah. Kata kunci : kecanduan game online, motivasi belajar, anak SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, motivasi belajar, anak SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: ERNI SUSMIYANTI
Date Deposited: 21 Dec 2023 11:30
Last Modified: 21 Dec 2023 11:30
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item