Rudianto, Eko Guntur (2015) Hubungan Perilaku Bermain Game Online Dengan Perkembangan Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas Viii” (Studi Di Smpn 5 Jombang). Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
JURNAL SKRIPSI rudi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI GUNTUR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
Abstract
Bermain adalah perilaku remaja pada kegiatan sukarela untuk bersenang-senang dan mencerminkan perkembangan fisik, intelektual, emosional dan sosial. Perilaku bermain game online yang tinggi akan berakibat buruk pada perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku bermain game online dengan perkembangan sosial pada siswa kelas VIII di SMPN 5 Jombang. Desain penelitian mengunakan analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Jombang kelas VIII yang bermain game online sejumlah 150 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. didapatkan sampel 30 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku bermain game online dan variabel terikat adalah pengembangan sosial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Jombang. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner, Pengolahan data : editing, coding, scoring, tabulating. Hubungan antara dua variabel diuji dengan uji spearman rank.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bermain game online siswa dengan kriteria tinggi sejumlah 17 responden (56,6%) sedang 10 responden (33,3%) rendah 3 responden (10,0%). perkembangan sosial kurang sejumlah 18 responden (60,0%) cukup 7 responden (23,3%) baik 5 responden (16,7%). Hasil tabulasi silang, ada 15 responden (50,0%) memiliki perilaku bermain tinggi dengan perkembangan sosial kurang. Dari hasil SPSS menggunakan uji spearman rank di dapatkan nilai p = 0,00 lebih kecil dari alpha (0,05) maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara perilaku bermain game online dengan perkembangan sosial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Jombang. Kata kunci : Perilaku Bermain, Pembangunan Sosial, siswa kelas VIII SMPN
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Bermain, Pembangunan Sosial, siswa kelas VIII SMPN |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 10:41 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 10:43 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/5493 |
Actions (login required)
View Item |