Hubungan Status Gizi Dengan Intelligence Quotient (Iq) Pada Anak Prasekolah

Cahyaningrum, Sindri Inggah (2016) Hubungan Status Gizi Dengan Intelligence Quotient (Iq) Pada Anak Prasekolah. Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[thumbnail of jurnal perpustakaan - sindri.pdf] Text
jurnal perpustakaan - sindri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (19kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (7kB) | Request a copy

Abstract

Kecukupan gizi bagi anak sangat dibutuhkan, tidak hanya menyehatkan tetapi juga akan membantu meningkatkan kecerdasaan anak. Kekurangan gizi yang berat mengakibatkan ukuran lingkar kepala yang lebih kecil dan kemampuan kognitif yang lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan intelligence quotient (IQ) Pada Anak Prasekolah di TK Melati Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah status gizidan dependen adalah intelligence quotient (IQ). Populasi semua siswa kelas A dan B di TK. Melati Pulogelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang sebanyak 41 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 38 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, yang hasilnya dianalisa dengan menggunakan uji Spearman rank’s dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden status gizi anak kategori normal (68,4%), setengah responden Intelligence quotient (IQ) pada anak di bawah normal (44,7%). Berdasarkan uji statistik spearman rho didapatkan nilai kolerasi (0,372) dengan nilai probabilitas (0,022) < standart signifikan  (0,05), maka H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada hubungan status gizi dengan Intelligence Quotient (IQ) pada anak prasekolah di TK Melati Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang yang signifikan.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan status gizi dengan Intelligence Quotient (IQ) pada anak prasekolah yang signifikan ditandai dengan nilai korelasi (0,372) dengan p-value (0,022) <  (0,05)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status gizi, Intelligence Quotient, Prasekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 18 May 2021 14:05
Last Modified: 18 May 2021 14:05
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item