Cahyaningrum, Sindri Inggah (2016) Hubungan Status Gizi Dengan Intelligence Quotient (Iq) Pada Anak Prasekolah. Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text
jurnal perpustakaan - sindri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (19kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
Abstract
Kecukupan gizi bagi anak sangat dibutuhkan, tidak hanya menyehatkan tetapi juga akan membantu meningkatkan kecerdasaan anak. Kekurangan gizi yang berat mengakibatkan ukuran lingkar kepala yang lebih kecil dan kemampuan kognitif yang lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan intelligence quotient (IQ) Pada Anak Prasekolah di TK Melati Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah status gizidan dependen adalah intelligence quotient (IQ). Populasi semua siswa kelas A dan B di TK. Melati Pulogelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang sebanyak 41 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 38 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, yang hasilnya dianalisa dengan menggunakan uji Spearman rank’s dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden status gizi anak kategori normal (68,4%), setengah responden Intelligence quotient (IQ) pada anak di bawah normal (44,7%). Berdasarkan uji statistik spearman rho didapatkan nilai kolerasi (0,372) dengan nilai probabilitas (0,022) < standart signifikan (0,05), maka H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada hubungan status gizi dengan Intelligence Quotient (IQ) pada anak prasekolah di TK Melati Desa Pulogedang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang yang signifikan.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan status gizi dengan Intelligence Quotient (IQ) pada anak prasekolah yang signifikan ditandai dengan nilai korelasi (0,372) dengan p-value (0,022) < (0,05)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, Intelligence Quotient, Prasekolah. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 18 May 2021 14:05 |
Last Modified: | 18 May 2021 14:05 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/5343 |
Actions (login required)
View Item |