Sukma, Linda Wahyu (2016) Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Jalan Di Ruang Bp Umum (Studi Di Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang) Tahun 2016. Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
ilovepdf_merged (6).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal hasil.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (13kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (5kB) | Request a copy |
Abstract
Peserta BPJS sering mengeluh terhadap pelayanan kesehatan di lingkungan pelayanan kesehatan, karena di sebabkan pelayanan yang kurang maksimal kepada peserta BPJS. Peserta BPJS sering mengeluh tentang antri terlalu lama, petugasnya kurang ramah, dan petugas kesehatan sering membedakan antara pasien pengguna BPJS dengan pasien non BPJS. Tujuan penelitian ini menganalisa perbedaan kepuasan BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Desain penelitian komperatif dengan pendekatan cross section. Populasinya semua peserta BPJS dan non BPJS di ruang BP Umum di Puskesmas Peterongan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang sebanyak 120 peserta dengan jumlah sampel 60 peserta yang diambil menggunakan teknik Noprobality sampling dengan medote Consecutive sampling. Variabel independen dalam penelitian in adalah kepuasan pasien BPJS dan variabel dependen adalah kepuasan non BPJS. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dilanjutkan dengan uji statistik independent sampel test. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari 60 responden memiliki tingkat kepuasan peserta BPJS memiliki nilai tertinggi 72, Rerata 46,27 dan non BPJS memiliki nilai tertinggi 80, Rerata 60,77. Hasil uji independent sampel test didapatkan nilai ρ = 0,000 < 0,05 maka H 1 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan kesehatan pada pasien rawat jalan di ruang BP umum. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 12:49 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 12:49 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/5098 |
Actions (login required)
View Item |