Pratama, Dedi (2016) Hubungan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Spm) : Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Pada Aspek Kenyamanan (Studi Di Klinik Rawat Jalan Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kab. Kotawaringin Barat Prov. Kalimantan Tengah). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
JURNAL SKRIPSI DEDI PRATAMA S.KEP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI DEDI PRATAMA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (18kB) | Request a copy |
Abstract
Menunggu dalam waktu lama menyebabkan ketidakpuasan terhadap pasien pada aspek kenyamanannya dengan mengetahui karakteristik responden yang meliputi tingkat jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tingkat pendidikan yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di klinik rawat jalan RSUD Sultan Imanuddin pangkalan Bun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan penerapan SPM : Waktu tunggu dengan kepuasan pasien pada aspek kenyamanan di klinik rawat jalan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.Penelitian ini menggunakan descriptioncross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di Klinik Rawat Jalan Rsud Sultan Imanuddin khususnya pada poliklinik anak, kandungan, bedah dan penyakit dalam yang berjumlah 96 responden. Tekhnik sampling yang digunakan adalah propotional quota random sampling, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis chi square meliputi analisis univariat dan bivariat. Instrumen penelitian menggunakan chekslist dan kuesioner. Cekhlist di gunakan untuk variabel spm : waktu tunggu dan kuesioner di gunakan untuk variabel kepuasan pasien pada aspek kenyamanan. Hampir seluruhnya responden (pasien) menyatakan puas dengan waktu tunggu ≤60 menit sebanyak 48 orang (80%). Selain itu, didapatkan hasil chi square 0,004 menunjukan nilai p<0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS 23 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Berdasarkan hal tersebut maka dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) : Waktu tunggu dengan kepuasan pasien pada aspek kenyamanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar Pelayanan Minimal, Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 10:22 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 10:22 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4955 |
Actions (login required)
View Item |