Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Di Smp Darul Ulum 1 Unggulan, Jombang, Jawa Timur 2016)

Mukharomah, Lailatul (2016) Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Di Smp Darul Ulum 1 Unggulan, Jombang, Jawa Timur 2016). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of SKRIPSI LAilatul M.pdf] Text
SKRIPSI LAilatul M.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL (Laila).pdf] Text
ARTIKEL (Laila).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan aktivitas utama yang dilaksanakan di sekolah. Dalam belajar dibutuhkan motivasi sebagai penggerak aktivitas, motivasi berupa dorongan untuk melakukan proses belajar. Namun, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti masalah yang terjadi di lingkungan dan permusuhan antar teman seperti contoh school bullying. Ada beberapa macam bentuk bullying salah satunya adalah bullying verbal yang merupakan bentuk bullying paling umum digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh verbal bullying terhadap motivasi belajar di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei sampai bulan juli 2016 dengan metode analitik cross sectional. Populasi siswa di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Jombang berjumlah 984 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan 10 % dari total sampel, dengan tehnik Propotional random sampling didapatkan jumlah sampel 99 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesionar dan analisa data menggunakan uji statistik regresi linier sederhana. Pada penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel verbal bullying terhadap motivasi belajar. Dengan tingkan signifikansi ρ = 0,000 < α (0,05) dan H1 diterima, ada pengaruh signifikan antara verbal bullying terhadap motivasi belajar siswa di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Jombang. Diharapkan bagi siswa dan guru untuk mencegah terjadinya perilaku bullying di lingkungan sekolah karena dapat menurunkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan di sekolah, bullying verbal, motivasi belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:42
Last Modified: 26 Mar 2021 09:42
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item View Item