Yatiknasari, Tri (2016) Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Pra Sekolah (Studi Di Paud Kasih Bunda Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
JURNAL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi Tri Yatiknasari.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
Abstract
Masa anak-anak adalah masa emas. Dimana anak prasekolah mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada motorik, kognitif, sosial, moral, bahasa dan kreativitas. Perkembangan sosialisasi pada anak sangat penting untuk mendukung dalam interaksi sosial, sehingga anak bisa menjalin hubungan dengan teman dan lingkungan yang baru. Untuk melatih interaksi sosial pada anak bisa melalui permainan-permainan misalnya bermain peran profesi dokter, polisi, pilot atau profesi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak pra sekolah. Desain penelitian ini menggunakan “Pra eksperimental” (One Group Pre Test – Post Test Design). Pada penelitian ini populasinya seluruh anak pra sekolah yang berjumlah 20 anak dan sampel penelitian ini adalah sebagian anak pra sekolah PAUD Kasih Bunda Ngawi. Tehnik samplingnya secara purposive sampling berjumlah 10 responden yang kurang dalam berinteraksi dengan orang lain. Variabel independennya terapi bermain peran dan dependennya kemampuan interaksi sosial pada anak pra sekolah. Data dikumpulkan dengan cara mengamati dengan lembar observasi sebelum dan sesudah bermain peran. Cara menganalisanya dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan angka α = < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial sebelum diberikan metode bermain peran adalah kategori kurang, dan sesudah diberikan metode bermain peran adalah kategori baik. Hasil uji statistik wilcoxon didapatkan hasil p value 0,004, maka (0,004 < 0,05) sehingga H1 diterima. Berarti ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak pra sekolah di PAUD Kasih Bunda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran, Interaksi sosial |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 11:09 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 11:09 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4880 |
Actions (login required)
View Item |