Effendi, Zogie Ari (2016) Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Smplb Kurnia Asih Ngoro Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
Jurnal.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (5kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin berlangsungnya kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada siswa, salah satunya adalah dukungan keluarga yang didapatkan siswa didalam lingkungan rumahnya. Ketika individu mendapatkan dukungan keluarga yang baik, maka siswa tersebut akan memiliki motivasi belajar tinggi, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga terhadap motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SMPLB Kurnia Asih Ngoro Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan pengumpulan data sekaligus dalam suatu saat (point time approach). Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMPLB Kurnia Asih Ngoro Kabupaten Jombang sejumlah 30 responden dengan sampel penelitian sejumlah 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel bebas adalah dukungan keluarga sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Pengelolahan data dengan Editing, Skoring, dan Tabulating. Dianalisis dengan menggunakan uji statistik Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukan dari 30 responden, setengah responden memiliki dukungan keluarga cukup sejumlah 15 responden (50%), dan lebih dari setengah responden memiliki motivasi belajar sedang sejumlah 21 responden (70%). Berdasarkan hasil uji statistik Spearman Rho didapatkan hasil p-value = 0.034 yang berarti kurang dari 0.05, maka ρ < α dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara dukungan keluarga terhadap motivasi belajar pada anak berkebutuhan khusus di SMPLB Kurnia Asih Ngoro Kabupaten Jombang. Kata Kunci : Dukungan keluarga, motivasi belajar, anak berkebutuhan khusus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan keluarga, motivasi belajar, anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 09:40 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 09:40 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4873 |
Actions (login required)
View Item |