Yuliandari, Ike (2015) Hubungan Metode Role Play Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Komunikasi Dan Konseling (Studi Semester II Di Prodi D-III Kebidanan STIKes ICMe Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
SKRIPSI full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL IKE.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (15kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (5kB) | Request a copy |
Abstract
Nilai UAS mata kuliah komunikasi konseling diperoleh nilai yang kurang memuaskan, beberapa mahasiswa cenderung mendapatkan C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode role play terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah komunikasi dan konseling di D-III Kebidanan STIKes ICMe Jombang. Jenis Penelitian ini adalah studi korelasi dengan menggunakan desain penelitian analitik Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II berjumlah 87 responden dengan menggunakan proportional random sampling dengan sampel 26 responden. Waktu pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan april – juli 2015. Pengumpulan data variabel independen menggunakan (Kuesioner) dan variabel dependen menggunakan (nilai UAS). Dalam penelitian ini kemudian di analisa data dengan menggunakan Editing, Coding, Scoring, Tabulating dengan menggunakan uji statistik Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dalam penilaian metode role play pada proses belajar komunikasi dan konseling baik yaitu sejumlah 17 (65,4%) sedangkan hasil belajar pada mata kuliah komunikasi dan konseling sebagian besar mendapatkan nilai B (cukup). Dianalisa menggunakan uji Spearman Rank dengan bantuan SPSS pada taraf kesalahan 5% didapatkan nilai p= 0,002<0,05, sehingga H1 diterima artinya ada hubungan metode role play terhadap hasil belajar mahasiswa di di D-III Kebidanan STIKes ICMe Jombang . Kesimpulan penelitian ini bahwa metode role play signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan kategori cukup. Kata kunci : Metode Role Play, Hasil Belajar dan Komunikasi dan Konseling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Play, Hasil Belajar dan Komunikasi dan Konseling |
Subjects: | R Medicine > RI Midwifery |
Divisions: | Program Studi > D4 Kebidanan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 10:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 10:34 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4800 |
Actions (login required)
View Item |