Pengaruh Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi

Yasa, Luthfi Arde (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi. Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendikia Medika Jombang.

[thumbnail of Bab 1 - 6 komplit.pdf] Text
Bab 1 - 6 komplit.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal outdoor NEW.pdf] Text
Jurnal outdoor NEW.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (5kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia sebagian besar 85% sistem pembelajarannya masih terbatas dinding tembok dan harus duduk di kursi mendengarkan penjelasan dari guru, sedangkan 15% dari sekolah yang berada di ibu kota sudah menerapkan sistem pembelajaran di luar kelas, kenyataannya belajar di luar kelas masih dianggap tabu oleh lembaga pendidikan di Indonesia. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran di luar kelas (outdoor study) tehadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Geografi. Desain penelitian menggunakan Simple Experiment - Post Test Only Control Group Design. Populasi semua siswa kelas VIII sejumlah 48 siswa. Teknik sampling menggunkan Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan RPP dan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, dan tabulating.dengan uji statistik Uji t. Hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS geografi di kelas kontrol (A) sejumlah 24 siswa setelah dilakukan pembelajaran di dalam kelas motivasinya sedang yaitu sejumlah 16 siswa (66,5%). Sedangkan motivasi belajar siswa yang ada di kelas eksperimen (B) setelah dilakukan pebelajaran motivasinya kuat sejumlah 13 siswa (54,1%). Uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi ρ = 0,001 < α (0,05), sehingga H0 ditolak, ada pengaruh strategi pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Geografi. Penelitian ini semoga bisa menjadi tambahan dalam menerapkan pembelajaran khususnya strategi pembelajaran di luar kelas (outdoor study) guna meningkatkan motivasi belajar anak didik. Kata kunci : Strategi pembelajaran, Di luar kelas (outdor study), Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Di luar kelas (outdor study), Motivasi belajar
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Program Studi > D4 Kebidanan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 19 Mar 2021 14:49
Last Modified: 19 Mar 2021 14:49
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item