Zainudin, Angga, Suhariati, Hindyah Ike and Huda, Nurul (2014) Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Di Rsu Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto Tahun 2014). Jurnal Keperawatan, 7 (1). pp. 44-53. ISSN 2088-2173
Text
16. Cover,dewan redaksi,daftar isi,Hubungan mutu Pelayanan.pdf - Published Version Download (521kB) |
|
Text
16. Hasil Turnit mutu pelayanan keperawatan.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
16. Reviewer Hubungan mutu pelayanan.pdf - Published Version Download (411kB) |
Abstract
Pendahuluan Kurangnya kualitas asuhan keperawatan, perawat tidak melakukan standar pelayanan minimum yang ditetapkan, sehingga pasien merasa layanan yang diberikan tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan dan hasil layanan yang diterima. Standar pelayanan minimum di rumah sakit Indonesia tahun 2013 berdasarkan hasil survei indeks kepuasan masyarakat 81% masyarakat sangat puas. Rumah sakit perawatan standar di provinsi Jawa Timur berdasarkan indeks kepuasan masyarakat sebesar 86% puas (Departemen Kesehatan RI, 2013). Sementara itu, di Rumah Sakit Dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto tingkat kepuasan pasien 75% (Medical Care, 2013). Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kualitas asuhan keperawatan dengan studi kepuasan pasien di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto. Metode Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional dengan populasi sampel 219 pasien dan total sampling 44 pasien dilakukan dengan pendekatan simple random sampling. Pemrosesan data dengan pengeditan, pengkodean, penilaian, tabulasi dan perangkat lunak SPSS versi 16.0 uji statistik "Rank Spearman" dengan tingkat = 0,000 <0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan mayoritas kualitas asuhan keperawatan kategori kurang, menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden tingkat kepuasan pasien kurang puas. Hasil uji statistik Rank Spearman ( = 0,000 <0,05) sehingga H1 diterima artinya ada hubungan antara kualitas asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan perawat dan keterampilan saat memeriksa pasien. untuk layanan yang diberikan oleh perawat pasien puas dengan layanan yang diberikan. Kata kunci: Kualitas asuhan keperawatan, tingkat kepuasan pasien
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas asuhan keperawatan, tingkat kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Peer Review |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 14:51 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 14:51 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4613 |
Actions (login required)
View Item |