Putri, Ayuana Oktaviani (2018) Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Prasekolah (Studi di TK Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
SKRIPSI FULL Ayuana.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (22kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (13kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (7kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
|
Text
143210053 Ayuana Oktaviani Putri Artikel.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (43kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (17kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (7kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Abstract
Usia prasekolah sangatlah penting untuk merangsang aspek-aspek perkembangan anak terutama perkembangan kognitif, karena dengan perkembangan kognitif anak bisa mengasah kecerdasannya mulai dari dini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh permainan flash card terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Pengambilan data variabel independen yaitu permainan flash card dan variabel dependen yaitu perkembangan kognitif pada anak prasekolah menggunakan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TK Desa Pacarpeluk sejumlah 108 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate simple random sampling dengan didapatkan sampel sebanyak 20 anak. Pengolahan data dengan editing, coding, skoring dan tabulating dianalisa dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan tingkat kesalahan α= 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 responden sebelum dilakukan tindakan permainan flash card sebagian responden 8 anak (40%) perkembangan kognitif kurang, dan sesudah dilakukan tindakan permainan flash card sebagian responden 9 anak (45%) perkembangan kognitif baik. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,000 < α = 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh permainan flash card terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Kata Kunci : Flash card, Perkembangan kognitif, Anak prasekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash card, Perkembangan kognitif, Anak prasekolah. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | User1 |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 15:00 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 12:13 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |