Binawati, Henita (2018) Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Klien Tentang Pelayanan Keperawatan. Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
jurnal henita.docx - Published Version Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP.doc - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (7kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi antara petugas dengan klien adalah salah satu keluhan yang umum terjadi yang sering diungkapkan oleh klien yang di rawat di Rumah Sakit. Klien selalu merasa tidak puas dari kualitas dan kuantitas komunikasi. Di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto, dalam pemberian Asuhan Keperawatan yang diberikan oleh perawat tidak selalu terapeutik ketika mereka berkomunikasi verbal dan non verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto. Desain penelitian ini adalah diskripsi dengan menggunakan analisa cross sectional. Sampelnya berjumlah 44 responden yang di rawat di Rumah Sakit. Tekhnik pengambilan sampling menggunakan Random Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian di tabulasi silang dan dilakukan uji statistik menggunakan uji logistic regresi p=0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari separo responden mengatakan sangat puas tentang komunikasi verbal dan non verbal perawat (56,8 %), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepusan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto yaitu p=0,03. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto. Hasil penelitian ini telah direkomendasikan kepada Rumah Sakit untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas perawat,dimana perawat adalah sebagai pemberi pelayanan khususnya pelatihan tentang komunikasi afektif, psikomotor dan komunikasi terapeutik. Perawat harus meningkatkan pengetahuan, sehingga mampu memahami bahwa komunikasi terapeutik yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan perawat sehingga akan menciptakan tanggung jawab untuk memberikan kepuasan kepada klien. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Klien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Klien. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | User1 |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 13:47 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 10:39 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/3391 |
Actions (login required)
View Item |