Suentis, Nunik (2018) Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Mojokerto). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
jurnal nunik.docx - Published Version Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 1- 6 Nunik.docx - Published Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku caring adalah perhatian perawat dengan sepenuh hati terhadap pasien. Kepedulian, empati, komunikasi yang lemah lembut dan rasa kasih sayang perawat terhadap pasien akan membentuk hubungan perawat–klien yang terapeutik. namun kenyataan dalam praktik masih banyak ditemukan perawat kurang beperilaku caring terhadap pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari. Desain penelitian ini analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh pasien di IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari dengan jumlah pasien rata-rata 60 pasien per hari. Sampel diambil dengan teknik concecutive sampling sebanyak 52 responden. Variabel penelitian ini perilaku caring perawat sebagai variabel independen dan tingkat kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner untuk perilaku caring dan kepuasan pasien. Kemudian hasil diuji dengan uji contingensy coefficient. Hasil uji contingensi coefficient diperoleh data ρ = 0,000 dan α = 0,05 maka ρ < α sehingga H0¬ diterima berarti ada hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Dengan menunjukkan perilaku caring, maka perawat dapat memberikan pengalaman yang baik untuk pasien. Semakin caring perilaku yang ditunjukkan oleh perawat dalam memberikan pelayanan maka akan semakin memberikan kepuasan pada pasien sehingga diharapkan pihak rumah sakit perlu memberikan tambahan pelatihan dan pembinaan kepada perawat untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan perilaku caring yang baik melalui kerjasama dengan pihak terkait maupun secara mandiri. Kata Kunci : Perilaku, Caring, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Caring, Kepuasan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 14:48 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 09:33 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/3331 |
Actions (login required)
View Item |