Rodiyah, Binti (2018) Hubungan Pelayanan Keperawatan Yang Bermutu Dengan Kepuasan Pasien BPJS (Di Rawat Inap Puskesmas Sooko Kabupaten Mojokerto). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
Jurnal tampa abstrak.docx - Published Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
lengkap.docx - Published Version Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan keperawatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan, dijaga dan ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan standar pelayanan keperawatan yang berlaku, sehingga masyarakat selaku konsumen dapat merasakan pelayanan keperawatan yang memuaskan. Namun pada prakteknya masih ditemukan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan seperti kurangnya kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan keperawatan yang bermutu dengan kepuasan pasien BPJS. Desain penelitian yaitu survey eksplanatory, dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian yaitu pelayanan keperawatan yang bermutu sebagai variabel independen dan kepuasan pasien BPJS sebagai variabel dependen. Populasi penelitian yaitu semua pasien yang menjalani atau mendapatkan perawatan kesehatan yang sudah dirawat selama 3 hari atau lebih di pelayanan rawat inap Puskesmas Sooko Mojokerto. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 responden. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan diolah secara editing, skoring, coding, dan tabulating kemudian diuji dengan uji chi square serta disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan dari 16 responden yang menerima pelayanan kurang sebagian besar kepuasan rendah sebanyak 8 responden (13,3%). Dari 23 responden yang menerima pelayanan sedang sebagian besar kepuasan sedang sebanyak 11 responden (18,3%) dan dari 21 responden yang menerima layanan baik sebagian besar responden kepuasan tinggi sebanyak 12 responden (20%). Hendaknya responden dapat meningkatkan informasi dan wawasan tentang bagaimana bentuk pelayanan yang seharusnya diterima melalui bertanya pada teman atau saudara atau juga membaca artikel tentang pelayanan puskesmas sehingga responden dapat menanyakan pada petugas tentang pelayanan yang harus diterima sesuai dengan kelas pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Kepuasan, BPJS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Keperawatan, Kepuasan, BPJS |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 09:54 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 14:41 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/3247 |
Actions (login required)
View Item |