Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Di Ruang Perawatan Jantung Di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro)

Purwaningtyas, Ellya Dwi (2019) Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Di Ruang Perawatan Jantung Di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of Artikel Ellya 5.docx] Text
Artikel Ellya 5.docx - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (5kB)

Abstract

Pendahuluan Dalam pelaksanaan proses keperawatan tak lepas dari proses interaksi yang terjadi antara perawat dan pasien sehingga perawat harus menyadari bahwa pelayanan yang baik dalam praktek keperawatan profesional sangat berpengaruh atau membantu pasien dalam proses penyembuhan atau dalam memenuhi kebutuhan dasarnya selama di rumah sakit, yang pada akhirnya dapat menghasilkan suatu tingkat kepuasan tersendiri bagi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sikap perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang perawatan jantung din RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Desain penelitian ini menggunakan analitik , Cross sectional design, populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien rawat inap di Ruang perawatan Jantung RSUD Dr.R. sosodoro Bojonegoro. Cara penarikan sampel dengan menggunakan Consecutive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Adapun instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan data di analisis menggunakan uji statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara sikap perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan hasil uji Rank Spearman dengan signifikasi p = 0,000 < nilai 0,05 atau didapat nilai Asymp. Sig (2. Tailed). sehingga ρ < α, dengan sikap perawat yang baik atau positif, tingkat kepuasan pasien mencapai 88% yang merasa puas di bandingkan yang cukup puas hanya 12%, sedangkan yang mengatakan sikap perawat dalam pelayanan kurang baik dengan tingkat kepuasan kurang lebih besar yakni 78% di bandingkan yang menyatakan tidak puas hanya 12%. Karena nilai kurang lebih besar yakni 10,9% dibandingkan yang mengatakan puas hanya 78%, Maka artinya H0 di tolak dan H1 diterima. Kesimpulannya Ada hubungan antara sikap perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Kata kunci : Perawat, Sikap, Kepuasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perawat, Sikap, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 18 Feb 2020 11:25
Last Modified: 12 Jan 2021 15:20
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item