Lisdiati, Tia (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP PASIEN (Studi Korelasi di ruang Asoka Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
SKRIPSI_TIA_PDF.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (20kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (10kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (19kB) |
Abstract
Perilaku caring merupakan upaya yang dilakukan perawat untuk dekat dengan klien dan mengerti apa yang di rasakan klien sehingga perawat mampu melakukan asuhan keperawatan dengan tepat sesuai masalah yang dialami klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan komunikasi efektif dengan perilaku caring perawat terhadap pasien di ruang Asoka Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang. Desain dalam penelitian ini menggunakan analitik cross sectional . Populasi sebanyak 32 perawat dan sampel penelitian ini berjumlah 30 perawat di ruang Asoka RSUD Jombang. Teknik dalam pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling, Analisa data menggunakan uji Spearman Rank dengan nilai Alpha (0,05). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar perawat di ruang asoka telah menerapkan komunikasi efektif sebanyak (76,7%) dan telah menerapkan perilaku caring sebanyak (66,7%) uji statistik Spearman Rank menunjukksn p value 0,014 (p value <α =0,05) dan besar koefisien korelasi 0,446 yang berarti kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara komunikasi efektif dengan perilaku caring perawat terhadap pasien di ruang Asoka RSUD Jombang. Sebagai seorang perawat seharusnya lebih meningkatkan komunikasi yang efektif pada saat bertemu pasien supaya pasien merasa nyaman dan merasa bahwa dirinya dihargai sehingga akan meningkatkan perilaku caring perawat. Kata kunci : Komunikasi efektif, Perilaku caring, Perawat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 11:44 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 13:49 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |