Sari, Intan Permata (2017) PENGARUH TERAPI PUZZLE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AGRESIF ANAK PRA SEKOLAH (Studi di TK Bina Insani Candimulyo Jombang). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.
![]() |
Text
Skripsi_Intan.pdf - Published Version Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (22kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (10kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
![]() |
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Download (17kB) |
Abstract
Perilaku agresif anak masih menjadi masalah yang penting bagi orang tua dan guru karena sangat berpengaruh bagi pertumbuhan, perkembangan dan masa depan anak. Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, perilaku agresif dapat berdampak negatif pada kehidupan anak dikemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang.Desain penelitian ini adalah pra eksperimen one group pre test post test desaign. Populasinya ibu yang mempunyai anak agresif di TK Bina Insani Candimulyo Jombang yang berjumlah 34 orang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampelnya sejumlah 31 orang. Variable independent yaitu terapi puzzle, variabel dependent yaitu perilaku agresif anak pra sekolah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon. Hasil penelitian sebagian besar dari responden sebelum diberi terapi puzzle mempunyai perilaku agresif sedang yaitu sebesar 21 orang (67,7%), sesudah diberikan terapi puzzle sebagian besar mempunyai perilaku agresif sangat rendah (58,1%). Uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,001 < (0,05), sehingga H0 ditolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang. Hasil penelitian ini bisa menjadi bahan penelitian bagi mahasiswa tentang pengaruh terapi puzzle terhadap perilaku agresif anak pra sekolah. Kata Kunci : perilaku agresif, pra sekolah, terapi puzzle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 20 Jan 2018 09:10 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 10:52 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |