PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH BERBASIS TEORI ADAPTASI SISTER CALLISTA ROY (TK DHARMA WANITA SIDOARJO)

Nurjanah, Dwi (2017) PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH BERBASIS TEORI ADAPTASI SISTER CALLISTA ROY (TK DHARMA WANITA SIDOARJO). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of dwi nurjanah.pdf] Text
dwi nurjanah.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (1kB)

Abstract

Perkembangan gadget yang sangat pesat, memberikan dampak dalam interaksi karena anak dengan penggunaan gadget yang berlebihan, aktif dengan dunianya sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan interaksi sosial anak usia pra sekolah.Desain penelitian cross sectional. Populasi 47 anak TK Dharma Wanita usia 3-6 tahun di Desa Wirobiting, Sidoarjo. Sampel 32 responden dengan metode purposive sampling. Variabel independen yaitu tingkat penggunaan gadget dan variabel dependen yaitu perkembangan interaksi sosial. Yang diukur dengan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji spearman rho α= 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget jarang 25 responden (78%), dan perkembangan interaksi sosial cukup 16 responden (50%). Responden dengan penggunaan gadget jarang yang memiliki interaksi sosial cukup 16 responden (50%). Hasil uji spearman rho α= 0,05 didapatkan p = 0,001< 0,05 sehingga sehingga diterima, artinya ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan interaksi sosial. Diharapkan orangtua dapat membatasi durasi dalam menggunakan gadget terhadap anak anak dengan usia pra sekolah (3-6 tahun) maksimal 30 menit dalam satu hari. Kata kunci:, Anak prasekolah, Gadget, Perkembangan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 28 Aug 2018 13:42
Last Modified: 05 Jan 2021 14:19
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item