Hubungan Interaksi Sosial Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Retardasi Mental (Studi Di Slb Tunas Harapan Ii Peterongan Kabupaten Jombang)

Khusnah, Eka Lutfi (2016) Hubungan Interaksi Sosial Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak Retardasi Mental (Studi Di Slb Tunas Harapan Ii Peterongan Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (5kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Interaksi sosial adalah proses yang dilakukan oleh setiap orang ketika dia bertindak (act) dalam suatu relasi dengan orang lain. Percaya diri merupakan sikap mental individu dalam menilai diri maupun objek sekitar sehingga individu tersebut memiliki keyakinan akan kemampuan diri dalam melakukan sesuatu sesuai kemampuan. Penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas 7,8 dan 9 di SLB Tunas Harapan II Peterongan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan Analitik cross sectional. Populasi penelitian ini adalah kelas 7,8 dan 9 di SLB Tunas Harapan II Peterongan yang berusia 14 – 16 tahun ketika penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Non Probability sampling.Variabel independen penelitian ini adalah interaksi sosial dan variabel dependen adalah kepercayaan diri. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui interaksi sosial yang diisi oleh responden dan checklist untuk mengetahui kepercayaan diri anak retardasi mental. Data dari kuesioner kemudian di olah dan di analisa menggunakan uji statistik ”Spearmen Rho” dengan alpha 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir seluruh siswa di SLB Tunas Harapan II Peterongan mengalami interaksi sosial cukup sebanyak 8 orang (66,7%), dan diketahui hampir lebih dari setengah siswa memiliki kepercayaan diri negatif sebanyak 11 orang (60%). Berdasarkan analisa hasil uji statistik melalui uji Spearman Rho didapatkan hasil nilai ρ=0,033 <a (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulannya, bahwa ada hubungan antara interaksi sosial dengan tingkat kepercayaan diri pada anak retardasi mental di SLB Tunas Harapan II Peterongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, kepercayaan diri, anak retardasi mental
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 31 Mar 2021 11:32
Last Modified: 31 Mar 2021 11:32
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item