Hubungan Motorik Dasar Bermain Dengan Perkembangan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun (Tk Bina Putra Ngadiredjo Widang-Tuban )

Pertiwi, Dian Eka (2016) Hubungan Motorik Dasar Bermain Dengan Perkembangan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun (Tk Bina Putra Ngadiredjo Widang-Tuban ). Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of JURNAL SKRIPSI.pdf] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DIAN.pdf] Text
SKRIPSI DIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (5kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (19kB)

Abstract

Motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiataan yang terkoordinir antara susunan saraf , otot , otak , dan spinal cord. Perkembangan motorik meliputi motorik halus dan motorik kasar. Perkembangan motorik anak berhubungan erat dengan kondisi fisik dan intelektual anak . Kreatifitas merupakan salah satu potensi anak yang harus di kembangkan sejak dini , setiap anak memiliki bakat kreatif bila di tinjau dari segi pendidikan. Oleh karena itu perlu di pupuk sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada hubungan motorik dasar bermain dengan perkembangan kreatifitas anak usia 5-6 tahun. Rancangan penelitian ini menggunakan “Cross Sectional”. Sampel penelitian ini adalah siswa Tk yang berusia 5-6 tahun di wilayah Ngadiredjo Widang-Tuban sebanyak 25 dengan menggunakan teknik “total sampling”. Data dikumpulkan dengan ceklis dari hasil observasi peneliti dengan menggunakan cara uji statistik “Spearman Rank”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki hubungan motorik dasar yang baik sebanyak 17 (68%) responden ,cukup sebanyak 6 (24%) , kurang sebanyak 2 (8%) responden. Responden yang mengalami perkembangan kreatifitas baik sebanyak 18(72%) responden, cukup sebanyak 6 (24%) responden , kurang sebanyak 1 (4%) responde. Hasil uji statistik “Spearman Rank” didapatkan hasil bahwa ρ-value 0,006, maka (0,000 ≤ 0,05) sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima yang artinya ada hubungan Motorik dasar Bermain dengan Perkembangan Kreatifitas Anak Usia 5 -6 Tahun. Latihan motorik dasar bermain seperti melatih gerakan motorik halus maupun kasar di harapkan menambah kreatifitas anak, misal latihan menulis, menggambar, mewarnai,dan menggunting serta muncul kreatifitas anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motorik dasar, bermain , perkembangan kreatifitas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 24 Mar 2021 08:44
Last Modified: 24 Mar 2021 08:44
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item