Arifianto, Zainudin Feri (2016) Hubungan Sikap Empati Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Meranti Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun (Studi Di Ruang Rawat Inap Meranti Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kab. Kotawarigin Barat Prov. Kalimantan Tengah). Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.
Text
Artikel Zainudin Feri Arifianto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi Zainudin Feri Arifianto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (6kB) | Request a copy |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
Abstract
Kesehatan merupakan hal penting dan merupakan kebutuhan primer (pokok) bagi setiap orang, oleh karenanya kesehatan harus senantiasan dijaga, kesadaran masyarakat semakin tinggi akan pentingnya kesehatan merupakan salah satu alasan bahwa kebutuhan akan suatu pelayanan semakin meningkat. Pelayanan yang kurang baik dapat mempengaruhi kepuasan seseorang, kepuasan pasien dapat dinilai dari beberapa dimensi yang meliputi, tangibles, ralibility, responsiveness, assurance, dan empathy. Empati dibutuhkan agar perawat dapat memahai apa keinginan melalui perspektif pasien dan menjalin hubungan yang baik dengan pasien sehingga terjalin kerja sama diantara perawat dan pasien dalam proses penyembuhan, pemberian obat, maupun terapi pada pasien. Desain penelitian ini menggunakan desscription cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien ruang rawat inap Meranti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun yang berjumlah 30 pasien dan sekaligus menjadi sampel, teknik sampling yang digunakan dalah total sampling, teknik analisa data yang digunakan denngan analisa chi square untuk bivariat (korelasi hubungan sikap empati perawat dengan tingkat kepuasan pasien) dan distribusi frekuensi untuk univariat (hubungan si kap empati perawat dengan tingkat kepuasan pasien). Metode pengumpulan data menggunakan kuisoneruntuk sikap empati perawat dan tingkat kepuasan pasien. Hampir seluruh responden yang mengatakan puas juga mengatakan perawat memiliki empati yang baik sebanyak 27 responden (90%) dan 1 responden (3,3%) mengatakan perawat tidak empati tapi merasa puas. Selain itu didapatkan hasil chi square 0.000 menunjukan nilai p<0,05 dengan bantuan aplikasi spss 23 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara sikap empati perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Meranti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Kata kunci: Empati Perawat, Empati, Perawat, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati Perawat, Empati, Perawat, Kepuasan Pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Repository STIKES ICME Jombang |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 12:21 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 12:21 |
URI: | http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4856 |
Actions (login required)
View Item |