Pengaruh Terapi Bermain Bercerita Metode Flanel Terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Prasekolah. (Studi Di Tk Darmawanita Legundi)

Susanti, Yuli Ari (2016) Pengaruh Terapi Bermain Bercerita Metode Flanel Terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Prasekolah. (Studi Di Tk Darmawanita Legundi). Undergraduate thesis, Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

[thumbnail of ilovepdf_merged (3).pdf] Text
ilovepdf_merged (3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of jurnal SKRIPSI YULI.pdf] Text
jurnal SKRIPSI YULI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (4kB) | Request a copy

Abstract

Keterlambatan komunikasi (gangguan berbicara) merupakan kelainan yang paling umum sebelum usia sekolah (usia saat memasuki TK). untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak adalah metode cerita menggunakan metode flanel dan gambar. Metode cerita adalah cara menyampaikan materi pembelajaran secara lisan d alam bentuk cerita kepada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain bercerita metode flanel terhadap kemampuan komunikasi verbal anak prasekolah tahun 2016. Jenis pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain One group pre & post test, populasinya adalah semua anak TK Darmawanita Legundi yang dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Variabel independen yaitu terapi bermain bercerita metode flanel dan variabel dependen yaitu kemampuan komunikasi verbal anak prasekolah. Alat ukur pada penelitian menggunakan lembar observasi. Kemudian data diolah melalui tahapan editing, coding, scoring, tabulating dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian dianalisa dengan menggunakan uji wilcoxon < α = 0,05. Hasil penelitian sebelum dilakukan terapi bermain bercerita metode flanel diperoleh hampir setengahnya responden kemampuan komunikasi verbal kurang yaitu sejumlah 13 anak (46,4%), sesudah dilakukan terapi bermain bercerita metode flanel diperoleh sebagian besar responden kemampuan komunikasi verbal baik yaitu sejumlah 15 anak (53,6%). Hasil analisa dengan uji wilcoxon adalah p = 0,000 berarti data menunjukkan ada pengaruh bermakna dalam pemberian terapi bermain bercerita metode flanel terhadap kemampuan komunikasi verbal anak prasekolah di TK Darmawanita Legundi 2016. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain bercerita metode flanel terhadap kemampuan komunikasi verbal anak prasekolah di TK Darmawanita Legundi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: anak, komunikasi verbal, terapi bermain
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 19 Mar 2021 10:02
Last Modified: 19 Mar 2021 10:02
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item