Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Wonoayu Kecamatn Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur

Megawati, Wahyu, Suhariati, Hindyah Ike and Maunaturrohmah, Agustina (2017) Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Wonoayu Kecamatn Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Jurnal Keperawatan, 13 (1). pp. 24-30. ISSN 2088-2173

[thumbnail of 12. Cover, dewan redaksi, daftar isi, Pengaruh senam otak.pdf] Text
12. Cover, dewan redaksi, daftar isi, Pengaruh senam otak.pdf - Published Version

Download (807kB)
[thumbnail of 12. hasil turnitin PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOAYU.pdf] Text
12. hasil turnitin PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOAYU.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 12. Peer Review Pengaruh senam otak.pdf] Text
12. Peer Review Pengaruh senam otak.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (1kB)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (6kB)

Abstract

Pendahuluan: Kecenderungan kasus meningkatnya masalah belajar anak berhubungan dengan rentang tingkat konsentrasi. Bentuk dari masalah tingkat konsentrasi belajar seperti perhatian serta pikiran siswa mudah sekali teralihkan dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Senam otak (brain gym) bisa dilakukan oleh segala umur yaitu anakanak, dewasa maupun lansia karena pada dasarnya senam otak sama pentingnya dengan olahraga tubuh. Selama ini orang hanya memelihara kebugaran fisik dibandingkan otak padahal otak merupakan pusat kontrol segala aktivitas manusia. Otak juga memerlukan latihan untuk menjaga kualitas kesehatan otak. Penelitian ini dilaksanakan di DSN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan one group pre dan post test design. Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Wonoayu yang berjumlah 27 siswa, dengan teknik sampel total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dan dianalisa menggunakan uji wilcoxon α<0,05. Hasil Penelitian: Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebelum dilakukan senam otak sebagian besar responden 14 (52%) dengan kategori sedang seetelah dilakukan senam otak diperoleh hasil sebagian besar responden 15 (56%) dengan kategori sedang, Berdasarkan hasil uji willcoxon diperoleh hasil sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti H1 diterima sehingga ada pengaruh senam otak brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada pengaruh senam otak terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV di SDN Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Saran: Dapat dijadikan pembelajaran di sekolah dengan menggunakan senam otak sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan tingkat konsentrasi belajar anak. Kata Kunci: Anak, Senam Otak, Tingkat Konsentrasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak, Senam Otak, Tingkat Konsentrasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Peer Review
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 15 Feb 2021 14:29
Last Modified: 15 Feb 2021 14:29
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4609

Actions (login required)

View Item View Item