Stimulasi Bermain Bercerita Metode Flanel Meningkatkan Komunikasi Verbal Pada Anak Usia Prasekolah Penelitian Quasi Experiment Di Tk Dharma Wanita Persatuan Rsj Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang

Suhariati, Hindyah Ike (2016) Stimulasi Bermain Bercerita Metode Flanel Meningkatkan Komunikasi Verbal Pada Anak Usia Prasekolah Penelitian Quasi Experiment Di Tk Dharma Wanita Persatuan Rsj Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang. Jurnal Keperawatan, 11 (1). pp. 11-18. ISSN 2088-2173

[thumbnail of 8. Cover,dewan redaksi,daftar isi, Stimulasi bermain flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf] Text
8. Cover,dewan redaksi,daftar isi, Stimulasi bermain flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf - Published Version

Download (607kB)
[thumbnail of 8. Hasil Turnit Stimulasi bermain metode flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf] Text
8. Hasil Turnit Stimulasi bermain metode flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 8. Peer review stimulasi bermain flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf] Text
8. Peer review stimulasi bermain flanel meningkatkan komunikasi verbal.pdf - Published Version

Download (471kB)

Abstract

Pendahuluan Komunikasi verbal merupakan kemamapuan yang harus dikuasai anak usia prasekolah agar dapat membangun interaksi yang baik dengan temannya di sekolah. Kenyataannya 40% anak usia prasekolah belum bisa berkomunikasi dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh stimulasi bermain bercerita metode flanel terhadap komunikasi verbal pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasinya adalah seluruh anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang yang mengalami keterlambatan berkomunikasi. Tehnik sampling dengan Non Randomise Sampling, jumlah sampel 32 responden, 16 anak sebagai kelompok perlakuan dan 16 anak sebagai kelompok kontrol. Variabel independen adalah stimulasi bermain bercerita metode flanel dan variabel dependen adalah kounikasi verbal. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan taraf signifikansi sebesar 95% (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan stimulasi bermain bercerita metode flanel berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi verbal pada anak usia pra sekolah (p = 0,000). Simpulan Stimulasi bermain bercerita metode flanel dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan komunikasi verbal pada anak usia prasekolah. Saran Kegiatan bermain ini dapat dijadikan suatu acuan tindakan keperawatan anak, dalam menangani anak dengan masalah komunikasi verbal. Kata Kunci : Bermain metode flanel, komunikasi verbal, prasekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bermain metode flanel, komunikasi verbal, prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Peer Review
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 15 Feb 2021 14:04
Last Modified: 15 Feb 2021 14:04
URI: http://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item